Berjalan Bersama Sang Sabda 11 Okt 2011



(Rm 1: 16-25, Mzm 19:2-5, Luk 11: 37-41)

37Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan. 38Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. 39Tetapi Tuhan berkata kepadanya: ''Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. 40Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? 41Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Kritik orang Farisi terhadap Yesus yang tidak mencuci tangannya sebelum makan, dijawab Yesus dengan kritik yang lebih mendalam.

Seringkali jauh lebih mudah untuk melihat penampilan luar seseorang, memuji maupun mengkritik, padahal kita seringkali tidak mengetahui apa yang ada di balik penampilan luar seseorang, entah baik entah buruk.

Kebersihan fisik mungkin tidak mencerminkan kebersihan dalam hati, tetapi kebersihan dalam hati akan terlihat walaupun secara fisik tidak bersih. (abl)

Pertanyaan Refleksi:

1. Apakah saya menilai seseorang berdasarkan penampilan fisik semata?

2. Apakah saya berani menilai diri saya sendiri sebelum saya mulai menilai orang lain?