Renungan 2016: Minggu Paskah

Renungan di bawah ini merupakan terjemahan dari http://www.lentreflections.com/
 
Kemenangan Paskah

Kristus Bangkit!  Alleluia!

Hari ini kita merayakan Kebangkitan Kristus dari kematian.  Apa artinya mengatakan, “Yesus menaklukan kematian?”

Yesus tidak banyak digambarkan sebagai guru etika dalam Injil, tetapi lebih banyak digambarkan sebagai pendekar kosmis, yang datang untuk berperang melawan kekuasaan penyakit, kebencian dan dosa.  Dia menunjukkan kekuasaan-Nya atas alam ketika dia menenangkan badai dan menyembuhkan mereka yang sakit.

Yesus berteriak memanggil kuasa gelap dan berperang melawan mereka, bukan dengan senjata dunia yang ganas, tetapi dengan senjata non-kekerasan, kasih dan pengampunan Allah.

Kosmos, yang telah bergerak ke satu arah, tampak mulai bergerak ke arah yang berlawanan melalui Yesus.  Kuasa perpecahan dan perpisahan sekarang dikalahkan.  Yesus sedang merajut kembali kosmos yang robek. 

Apakah kuasa pokok dunia?  Apakah sumber pokok kekerasan, dosa, dan perpecahan?  Jawabannya adalah kuasa maut. 

Kita melekat pada diri kita sendiri karena kita takut untuk meninggal; kita mencoba untuk mengurangi ketakutan kita melalui barang-barang duniawi, seks dan kekuasaan; kita menyerang orang lain dengan kekerasan.  Kematian merobek tenunan kosmos.  Seseorang dapat mengatakan bahwa ketakutan akan kematian merupakan asal dari semua dosa dan kekerasan dalam komunitas manusia.

Karenanya sebagaimana Yesus, serdadu Allah, datang untuk berperang melawan semua kuasa yang berlawanan dengan kehendak Allah, sebagaimana dia datang untuk membawa “ya” Allah kepada “tidak” dunia, maka dia harus menghadapi kuasa yang terakhir dan terbesar ini.

Yesus telah berdiri di lumpur ketidakberfungsian manusia sepanjang hidupnya, karena dia harus berhubungan dengannya dari dekat dan menariknya, sebagaimana dikatakan oleh St. Anselmus, berlian dari kotoran.

Yesus telah pergi ke kerajaan kematian dengan membawa terang dan kuasa Allah, Yesus juga memutuskan pegangan kematian yang menguasai kita.  

Jadi Kebangkitan Yesus adalah deklarasi kemenangan atas kuasa yang sangat mengerikan ini.


Awan gelap, yang menaungi hidup kita mengarahkan kita pada diri kita sendiri dan kekerasan, telah dihilangkan.  Kuasa yang menyandera kita telah dikalahkan.


P.S. Easter Letter saya bisa dibaca di http://anastasialindawatimm.blogspot.com/2016/03/letter-easter-2016.html , Sr. Anastasia B. Lindawati, MM