Berjalan Bersama Sang Sabda 10 Okt 2011



(Rm 1: 1-7, Mzm 98:1-4, Luk 11: 29-32)

29Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: ''Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 30Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. 31Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! 32Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!''

Orang-orang Yahudi menghendaki suatu tanda dari Allah sebagaimana orang-orang Niniwe pada zaman nabi Yunus tetapi Yesus mengatakan bahwa mereka tidak akan diberi tanda lagi bahkan menyebut mereka sebagai angkatan yang jahat.

Allah tidak akan memberikan tanda lagi pada jaman Yesus karena Allah sudah memberikan banyak tanda lewat nabi-nabi yang hidup sebelum jaman Yesus, tetapi saat itu justru memberikan seorang pribadi, Yesus sendiri, yang tentunya lebih dari tanda.

Allah masih hadir di era millennium ini lewat Ekaristi yang kita rayakan tetapi juga lewat tanda-tanda dalam hidup kita sehari-hari. (abl)

Pertanyaan Refleksi:

1. Apakah tanda kehadiran Allah dalam hidup saya sehari-hari?

2. Bagaimana saya bisa mengenali tanda dari Allah dalam hidup saya sehari-hari?